sewa mobil ke candiborobudur

Cari penyewaan mobil murah di Borobudur

Candi Budha ini  terletak di Jawa Tengah Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan jika kita menggunakan jasa rental mobil dijogja 40 km di sebelah barat laut Kota Yogyakarta .  Dibangun di tiga tingkatan: sebuah pyramidal base dengan lima teras persegi konsentris, batang kerucut dengan tiga platform melingkar dan, di atas, sebuah stupa monumental. Dinding dan langkan dihiasi dengan relief rendah halus, meliputi area permukaan total 2.500 m2. Di sekitar platform melingkar terdapat 72 stupa buram, masing-masing berisi patung Buddha. Monumen ini dipugar dengan bantuan UNESCO pada tahun 1970an.

Candi utama adalah stupa yang dibangun di tiga tingkatan di sekitar bukit yang merupakan pusat alami: sebuah pyramidal base dengan lima teras persegi konsentris, batang kerucut dengan tiga platform melingkar dan, di atas, sebuah stupa monumental. Dinding dan langkan dihiasi dengan relief rendah halus, meliputi area permukaan total 2.520 m2. Di sekitar platform melingkar terdapat 72 stupa buram, masing-masing berisi patung Buddha.
Pembagian vertikal Candi Borobudur menjadi basis, tubuh, dan suprastruktur sangat sesuai dengan konsepsi Alam Semesta dalam kosmologi Buddhis. Dipercaya bahwa alam semesta terbagi menjadi tiga bidang superimposing, kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu, masing-masing mewakili bidang keinginan dimana kita terikat pada keinginan kita, bidang bentuk dimana kita meninggalkan keinginan kita namun masih terikat untuk memberi nama dan Bentuk, dan bidang ketidakberadaan di mana tidak ada lagi nama atau bentuk. Di Candi Borobudur, kamadhatu diwakili oleh pangkalan, rupadhatu oleh lima teras persegi, dan arupadhatu oleh tiga platform melingkar serta stupa besar. Seluruh struktur menunjukkan perpaduan unik dari gagasan pemujaan leluhur yang sangat sentral, terkait dengan gagasan tentang gunung bertingkat, dikombinasikan dengan konsep Buddhis untuk mencapai Nirvana.

Kuil tersebut juga harus dilihat sebagai monumen dinasti yang terkenal dari Dinasti Syailendra yang memerintah Jawa selama sekitar lima abad sampai abad ke-10.
Senyawa Candi Borobudur terdiri dari tiga monumen: yaitu Candi Borobudur dan dua candi kecil yang berada di sebelah timur dengan sumbu lurus ke Borobudur. Dua candi tersebut adalah Candi Mendut, yang penggambaran Buddha diwakili oleh monolit yang hebat disertai oleh dua Bodhisattva, dan Candi Pawon, sebuah kuil kecil yang ruang dalamnya tidak mengungkapkan keilahian mana yang menjadi objek pemujaan. Ketiga monumen tersebut mewakili fase dalam pencapaian Nirvana.
Candi ini digunakan sebagai candi Budha dari bangunannya sampai kira-kira antara abad 10 dan 15 ketika ditinggalkan. Sejak ditemukan kembali pada abad ke-19 dan pemulihan di abad ke-20, telah kembali ke situs arkeologi Buddhis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*